Memperbaiki Webcam Laptop yang Error Tidak Bisa di Buka

  • Whatsapp

Webcam adalah salah satu perangkat keras komputer penting pada saat ini, dan jika berhenti bekerja, dapat mempengaruhi cukup banyak pekerjaan penting bagi pengguna. Salah satu kesalahan umum yang terjadi di sekitar komputer Windows 10 adalah Kode Kesalahan Kamera 0xa00f4292, error kode 0xa00f4271, eror kode 0xa00f4244, eror kode 0x800703e3, eror kode 0xc00d3704, eror kode 0xa00f4240, yang menyebabkan kamera laptop tidak berfungsi. nah sekian banyak permasalahan error di kamera laptop maka dari itu saya akan membagikan artikel tentang cara memperbaiki kamera laptop yang tidak bisa dibuka, oke mari kita simak.

Webcam Laptop Error

Cara Mengatasi Kamera Laptop Error

Kode Kesalahan Kamera 0xa00f4292 adalah masalah yang umumnya terjadi ketika pengguna mencoba membuka Kamera di komputer Windows 10. Mungkin ada beberapa alasan yang dapat memicu kesalahan seperti ini, beberapa di antaranya termasuk driver yang versi lama atau file korup, file yang hilang atau bug tersembunyi apa pun. Jika kamu juga mengalami hal yang sama dan tidak dapat menggunakan fungsi tertentu karena kesalahan tersebut, maka artikel di bawah ini akan membantu kamu mengatasi ini.

Bacaan Lainnya

Cara 1 : Allow Camera Access di PC

Camera Error Code 0xa00f4292” dapat terjadi jika kamu secara tidak sengaja mencegah komputer mengakses Kamera atau tidak mengizinkan akses webcam. Jika iya, ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

  • Pertama, buka Settings app dengan menekan WINDOWS + I sama sekali.
  • Navigasi ke Privacy dan pada layar berikutnya, pilih opsi Kamera dari menu panel kiri.

  • Selanjutnya pada menu panel kanan, pertama-tama di bawah opsi Allow apps to access your camera, aktifkan.

  • Scroll ke bawah, di bawah pilih bagian Pilih Choose which Microsoft Store apps can access, alihkan Tombol yang terletak selain aplikasi Kamera.
  • Setelah itu tutup semua aplikasi yang sedang berjalan.
  • Setelah selesai, mulai ulang komputer Anda.

Cara 2 : Keluar dari Program yang menggunakan Kamera di latar belakang

Camera Error Code 0xa00f4292” juga bisa dipicu jika ada aplikasi lain yang menggunakan kamera di latar belakang. Dalam kasus seperti itu, disarankan untuk keluar dari semua program dan aplikasi menggunakan kamera di latar belakang. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

  • Pertama, tekan Ctrl + Shift + Esc, dan itu akan membuka Task Manager.

  • Di Task Manager, di bawah tab Proses, dari semua program yang sedang berjalan, temukan program yang menggunakan Kamera (Webcam).
  • Untuk program serupa mana pun yang kamu temukan, klik kanan di atasnya dan klik akhiri tugas untuk keluar dari proses.

Setelah selesai, itu akan dengan cepat menyelesaikan “Kode Kesalahan Kamera 0xa00f4292” di laptop Anda.

Cara 3 : Ijinkan Windows Firewall Mengakses Webcam

Meskipun sudah mengaktifkan izin aplikasi dan program untuk mengakses Webcam, kesalahan 0xa00f4292 masih ada, maka disarankan untuk memungkinkan hal yang sama melalui Windows Firewall. Melakukannya akan menyelesaikan kesalahan tersebut dalam waktu singkat. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

  • Pertama, buka bilah Pencarian desktop dan ketik Windows Defender Firewall.
  • Dari daftar hasil pencarian, pilih dan buka opsi yang relevan. Ini akan meluncurkan pengaturan Firewall di dalam Panel Kontrol pada layar laptopmu.
  • Pada layar Windows Firewall, navigasi ke menu panel kiri dan pilih opsi Allow an app or feature through Windows Defender Firewall.

  • Sekarang di bawah bagian Aplikasi dan fitur yang diizinkan temukan Camera app dan kosongkan kotak centang di bawah kolom Private and Public.
  • Selanjutnya, klik OK untuk menyimpan perubahan lalu Mulai ulang komputer kamu.

Cara 4 : Menghapus Folder Kamera Roll

Kadang-kadang, konten di dalam folder Kamera dapat memicu masalah “Camera Error Code 0xa00f4292” bagi pengguna. Di sini resor terbaik adalah membersihkan folder Kamera dan memeriksa apakah itu membantu. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

  • Pertama, buka Windows Explorer dan navigasi ke This PC -> Pictures -> Camera Roll.

  • Sebelum kamu membersihkan folder, disarankan untuk menyimpan gambar di folder lain untuk cadangan yang aman. Untuk melakukannya, tekan Ctrl + A sekali (Select All) lalu tekan Ctrl + C sekali (Copy All). Selanjutnya, navigasi ke lokasi / folder lain dan tekan Ctrl + V sekali (Tempel Semua).
  • Navigasi ke folder Roll Kamera lagi dan tekan Ctrl + A sekali (Pilih Semua). Setelah itu tekan Shift + Delete sama sekali (Untuk menghapus konten secara permanen).
  • Terakhir, mulai ulang komputer Anda dan periksa apakah masalah tersebut diselesaikan atau apakah masih berlanjut.

Cara 5 : Uninstall dan  Instal ulang driver WebCam

Sesuai banyak pengguna yang mengeluh, driver kamera yang rusak atau ketinggalan zaman dapat memicu masalah ini. Di sini resor terbaik adalah untuk pertama kali menghapus dan kemudian menginstal ulang driver Kamera. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

  • Pertama, tekan Windows + X sekali dan klik opsi Device Manager. Ini akan membuka Device Manager.
  • Sekarang pada Device Manager, expand opsi Kamera dan klik kanan atas driver Webcam Anda.

  • Selanjutnya, pilih opsi Uninstall device dan kemudian ikuti instruksi di layar untuk menyelesaikan proses Uninstall.

Setelah proses selesai, mulai ulang komputer, dan laptopmu akan secara otomatis menginstal driver yang hilang.

Cara 6 : Update Graphics driver

Sesuai banyak pengguna yang mengalami ini, memperbarui driver Graphics membantu mereka menyelesaikan masalah “Camera Error Code 0xa00f4292”. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

  • Pertama, tekan Windows + X sekali dan klik opsi Device Manager. Ini akan membuka Device Manager.
  • Sekarang pada Device Manager, expand opsi Adaptor Tampilan.
  • Selanjutnya, klik kanan atas driver dan pilih opsi Perbarui driver dari sub-menu.

  • Pada prompt berikutnya, klik opsi Search automatically driver dan biarkan diproses sendiri. Windows sekarang akan otomatis mencari versi yang tersedia dan memasangnya pada komputer kamu.

Namun, jika Anda mendapatkan pesan “The best drivers for your device are already installed“, maka kamu dapat mencoba menemukan pembaruan secara manual juga, bisa cari di google.

Cara 7 : Jalankan Hardware & Device troubleshooter melalui Windows PowerShell (Admin)

Jika tidak ada perbaikan yang disebutkan di atas yang berhasil, maka pertimbangkan untuk menggunakan Hardware & Device Troubleshooter melalui Windows PowerShell (Admin). Ini adalah pemecah masalah bawaan yang ditawarkan oleh Windows, yang terbukti menyelesaikan beberapa bug dan kesalahan. Untuk menggunakan pemecah masalah, ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

  • Pertama, tekan Windows + X sekali, dan dari menu konteks, pilih opsi Windows PowerShell (Admin). Mungkin meminta dengan jendela UAC untuk memberikan akses; jika demikian, lalu klik Ya.
  • Pada layar berikutnya, copy + paste atau ketik komentar berikut ini lalu tekan Enter.

msdt.exe -id DeviceDiagnostic

  • Ini akan meluncurkan prompt Hardware & Device troubleshooting prompt.
  • Di sini klik Berikutnya, ikuti instruksi di layar dan kamuselesai. Ini akan menyelesaikan semua kemungkinan penyebab yang memicu masalah “Kode Kesalahan 0xa00f4292”.

Kesimpulan

Ini semua adalah perbaikan yang mungkin dan terbukti untuk masalah “Camera Error Code 0xa00f4292”. Jika tidak ada yang bekerja untuk kamu, maka pertimbangkan untuk menggunakan pemindaian SFC. Pada saat itu, ada beberapa file sistem yang rusak yang mungkin dapat memicu masalah “Camera Error Code 0xa00f4292”, dan pemindaian SFC ini mungkin membantu di sini.

Di akhir artikel ini, kami berharap bahwa semua perbaikan dan informasi yang disebutkan di atas akan membantu kamu menyelesaikan kesalahan paling awal. Jika kamu memiliki pertanyaan, silakan tuliskan komentar di kotak komentar di bawah ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar