Cara Memperbaiki Rotasi Layar Otomatis Tidak Berfungsi di Android

  • Whatsapp

Smartphone Android hadir dengan dua jenis orientasi tampilan tampilan. Salah satunya adalah mode potret saat Anda memegang perangkat secara vertikal. Yang kedua adalah mode landscape. Untuk beralih di antara kedua mode tampilan ini, ada fungsi rotasi layar otomatis. Saat Anda mengaktifkan rotasi otomatis, setelah menahan perangkat secara horizontal, orientasi layar berubah menutupi konten layar di bidang tampilan yang disempurnakan.

 

Bacaan Lainnya

Biasanya, orang memegang perangkat mereka secara horizontal saat bermain game, menonton film, streaming video musik, dll. Ini digunakan untuk aplikasi atau tindakan tersebut saat menonton layar penuh diperlukan. Terkadang fungsi putar otomatis tidak berfungsi dengan baik di perangkat Android. Dalam artikel ini, saya telah menyebutkan beberapa metode pemecahan masalah yang mudah untuk memperbaiki masalah ini.

Cara Memperbaiki Rotasi Otomatis Tidak Berfungsi di Android

Pertama, Anda perlu mengaktifkan fungsi putar otomatis untuk membuatnya berfungsi. Di hampir semua ponsel Android, ubin akses cepat pull-down terdiri dari opsi rotasi otomatis. Jika Anda belum mengaktifkannya, maka saat memutar perangkat secara horizontal, layar tidak akan berputar. Ini akan tetap dalam orientasi potret vertikal.

Aktifkan Putar Otomatis dari Pengaturan Cepat

  • Cukup buka layar beranda perangkat android Anda
  • Tarik ke bawah  pemberitahuan untuk melihat bagian akses cepat untuk berbagai fungsi

     

  • Di sana Anda akan melihat Rotasi otomatis. Ketuk di atasnya untuk mengaktifkannya.
Sekarang, perangkat akan mendeteksi ketika Anda secara horizontal menyelaraskan perangkat dan layar akan berputar sesuai. Demikian juga, ketika Anda memegang ponsel cerdas Anda lurus, layar akan berputar kembali ke tampilan potret.

Periksa Pengaturan Aksesibilitas

Anda juga dapat memeriksa dan mengaktifkan putar otomatis di perangkat Android Anda dari pengaturan Aksesibilitas.
  • Masuk ke Pengaturan > gulir ke bawah klik Sistem
  • ketuk Aksesibilitas untuk membukanya
  • Gulir ke bawah dan cari opsi Putar layar otomatis 

     

  • Ketuk tombol di samping opsi tersebut untuk mengaktifkannya

Sesuaikan G-Sensor di perangkat Android Anda untuk Memperbaiki Rotasi Otomatis

Perangkat Android dilengkapi dengan sensor G yang secara otomatis mendeteksi gerakan layar perangkat. Ini berarti dapat mengetahui kapan Anda memutar perangkat dengan tangan sehingga memungkinkan layar berputar juga. Mungkin ada beberapa masalah dengan apa yang dapat menyebabkan rotasi otomatis tidak berfungsi. Jadi, Anda perlu mengubah G-sensor pada perangkat Anda.
CATATAN: Perlu diingat bahwa pengaturan kalibrasi G-sensor berbeda untuk perangkat yang berbeda. Saya menggunakan perangkat OnePlus di mana saya dapat mengakses kalibrasi G-sensor dengan memutar nomor dalam beberapa kode. Di beberapa perangkat, Anda mungkin menemukannya di bagian aplikasi pengaturan atau Sistem di bawah Pengaturan.
  • Untuk perangkat OnePlus saya, saya dial *#808# untuk membuka kalibrasi G-sensor
  • Jika Anda memiliki perangkat OnePlus, pastikan untuk menggunakan aplikasi dialer ponsel stoknya
  • Setelah Anda memasukkan kode di atas pada dialer, Anda akan melihat opsi untuk Uji mandiri sensor dan kalibrasi
  • Pastikan untuk menempatkan ponsel Anda secara horizontal pada beberapa permukaan pesawat untuk mengkalibrasi G-sensor atau Giroskop dengan benar.

Kesimpulan

Jadi, ini adalah metode pemecahan masalah dasar yang harus Anda ikuti untuk memperbaiki masalah putar otomatis di perangkat Android Anda. Saya harap artikel  ini akan membantu Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *